Abon Sapi sederhana

By | May 8, 2019

Bahan-bahan

  1. 1 kg daging sapi (tanpa lemak)
  2. 2 bks santan kara kecil
  3. 5 bh bwg merah
  4. 3 bh bwg putih
  5. 1 sdt ketumbar bubuk
  6. 1 sdt merica bubuk
  7. 3 cm jahe
  8. 3 cm kunyit
  9. 2 sdm garam
  10. 5 sdm gula pasir (saya 7 sdm, suka abon manis)
  11. 2 sdm minyak goreng (menumis)
  12. secukupnya air
  13. 2 sdm gula merah (hanya untuk warna coklat)

Langkah

120 menit

  1. Rebus daging sapi sampai empuk, tiriskan.  
  2. Setelah agak hangat, suwir” daging sapi menggunakan garpu, seperti di sisir sesuai arah serat dagingnya.. Kemudian di tumbuk sampai berambut.  
  3. Haluskan bwg merah, bwg putih, kemiri, jahe, kunyit, ketumbar dan merica. Setelah halus tumis menggunakan minyak goreng sampai harum.  
  4. Masukan air, santan, garam, gula pasir, gula merah, dan daging.. Airnya kira” sampai daging terendam semua. Test rasa, sesuaikan dengan selera, kalau ingin tambahkn penyedap boleh saja.. Kalau saya sukanya abon manis, jd gula nya yg saya kasih banyak. Ingat, bila ingin koreksi rasa, saat masih banyak airnya krna setelah kering bumbu nya susah meresap.  
  5. Tunggu hingga air agak berkurang, sesekali di aduk. Setelah air berkurang hampir kering. Kecilkan api, Mulai aduk terus sampai benar” kering dagingnya. Jangan berhenti. Karena daging akan banyak menempel di dasar wajan. Setelah kering angkat wajan dr kompor dan tetap di aduk hingga uap panas nya berkurang. Setelah abon dingin masukan dalam toples.  
  6. Toples itu tingginya hampir sebotol aqua, sedang.. Jd kira”1 kg bisa jd segitu.. Untuk daya tahannya itu habis lbh dr 2 mggu dn smpai habis masih enak.. Asal waktu masak benar” kering dagingnya.. Catatan : untuk tes apakah daging sudah benar2 kering atau belum, saat tengah2 mengaduk, ambil sejumput daging tekan dengan dua jari keras2 (jempol dan telunjuk). Kalau masih ada air berarti blm kering.
  7. Selamat mencoba… Ya pegal2 sedikitlah tangannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *